Minggu, 20 Oktober 2013

Trip Karimun Jawa 2012

Trip Karimun Jawa – Jepara September 2012

Disela-sela kesibukan kantor, saya akhirnya memutuskan mengambil waktu sejenak untuk cuti beberapa hari mengistirahatkan fisik dan pikiran dari rutinitas pekerjaan sehari-hari yang kayaknya gak akan pernah habis dan selesai. Selain refereshing, saya juga ingin sebagai saksi untuk melihat surga-surga dunia yang ada di bumi Nusantara ini salah satunya adalah Kepulauan Karimun Jawa yang masih termasuk dalam wilayah Kota Jepara.

Day 1
Perjalanan saya mulai dari Terminal Arjosari Kota Malang dengan menggunakan transportasi bis jurusan Malang-Kudus yaitu PO.Nusantara dengan tiket Rp.85.000,-. Jadwal keberangkatan bis hari Sabtu malam tanggal 15 September 2012 jam 19.30 tapi masih menunggu beberapa saat akhirnya berangkat jam 20.05 dengan kursi penumpang yang sudah terisi penuh.
Setelah 10 jam perjalanan menembus kegelapan malam, akhirnya sekitar pukul 06.00 Minggu pagi, saya sudah sampai di Kota Kudus, dan karena masih bingung harus turun dimana, maka saya tidak jadi turun di terminal Kudus, dan disarankan oleh kondektur bis untuk turun di pertigaan Trendilu di Kota Demak. Setelah kurang lebih 30 menit, saya sampai di pertigaan Trendilu tersebut dan akhirnya turun dengan susah payah dengan ransel besar yg setia nempel di punggung dan bis saya tumpangi melanjutkan perjalanan ke arah Semarang.
Sampai di pertigaan tersebut, saya sempatkan istirahat sejenak dan setelah mendapat informasi arah jalan menuju Jepara, akhirnya saya naik bis kecil tujuan Kota Jepara, karena tujuan utama saya ke Kep. Karimun Jawa, maka setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan saya turun dari bis kecil di pelabuhan Kartini untuk berjalan mencari penginapan di sekitar pelabuhan dan akhirnya tiba di Homestay Kotabaru (0291-595212) di depan Kura-Kura Sea World Jepara.

Check-in di homestay dan meletakkan carrier yang berat, saya memutuskan untuk melihat-lihat keadaan di sekitar homestay dan karena masih pagi warung-warung masih tutup dan tempat wisata Kura-Kura Sea World dengan model bangunan berbentuk kura-kura raksasa juga belum buka, sehingga saya hanya jalan-jalan untuk melihat pemandangan kesibukan pagi di pelabuhan Kartini Jepara.
Beberapa saat berkeliling pelabuhan, terdengar suara panggilan atau pengumuman bagi pengunjung yang ada di area tersebut untuk tamasya menyeberang ke Pulau Panjang yang ada dekat dengan pelabuhan, dan pulau nya pun terlihat jelas dari posisi saya berdiri. Karena penasaran, akhirnya dengan tiket Rp.13.000,- per orang dan menaiki kapal motor kecil Sapta Pesona serta tidak menunggu waktu yang terlalu lama, akhirnya kapal berangkat ke Pulau Panjang dan butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai. Pulau Panjang hanya pulau kecil tetapi ramai oleh kunjungan wisatawan dan terdapat jalan setapak kecil yang mengelilingi seluruh pulau dan tidak sampai satu jam saya memutuskan kembali ke Pelabuhan Kartini dengan menggunakan perahu yang berbeda.
Setelah sampai di Pelabuhan Kartini, kondisi sudah sangat ramai khususnya di area Kura-Kura Sea World yang sebelumnya masih sepi waktu saya kunjungi tadi pagi, dan mungkin karena hari Minggu, maka sekitar jam 10.30 sudah banyak wisatawan yang datang. Mumpung Kura-Kura Sea Word sudah buka maka saya beli tiket Rp.17.500,- untuk melihat-lihat apa saja yang ada di dalamnya. Mulai dari berbagai macam jenis ikan laut yang ada di akurium besar sampai dengan puluhan kura-kura yang ada di kolam besar yang juga bisa dipegang atau disentuh karena rata-rata penyu atau kura-kura yang ada disitu mungkin sudah sering atau terbiasa kontak dengan tangan pengunjung.
Karena baru hari pertama saya sampai di Jepara, tidak lama setelah menikmati Kura-Kura Sea World, saya kembali ke homestay untuk mandi dan istirahat meluruskan punggung dan kaki yang letih dan malamnya sekitar pukul 20.00 meminjam motor homestay untuk jalan-jalan di jantung kota Jepara meskipun gak tahu arah jalannya dari lokasi homestay.

Day 2
Hari Senin pagi, rencana keberangkatan ke Karimun Jawa saya awali dengan sarapan nasi goreng seafood di Restaurat Hotel Samudra yang letaknya masih berada di area pelabuhan Kartini, sambil menunggu waktu jadwal keberangkatan Kapal Express Bahari jam 10.45. Sebenarnya selain kapal express ada juga kapal feri menuju Karimun Jawa tetapi membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama yaitu sekitar 5-6 jam sedangkan bila menggunakan kapal express hanya butuh waktu sekitar 1,5-2 jam dengan tiket Rp.80.000,-.
Sekitar pukul 11.00 saya sudah ada di lokasi penyeberangan dan bertemu dengan teman saya yang membantu menyiapkan akomodasi dan penginapan saya selama 3 hari di Kep.Karimun Jawa nantinya, dan setelah memegang tiket kapal saya menempuh perjalanan menyeberang Laut Jawa yang untungnya kondisi perairan yang relatif tenang, karena di perairan ini sering ombaknya tinggi dan cuaca tidak bersahabat sehingga rute penyeberangan kadang harus ditutup.

Pukul 13.00 saya sudah sampai di pelabuhan Karimun Jawa, cuaca panas khas suasana kepulauan dan saya dijemput pihak penginapan naik motor berboncengan untuk check in di Blue Laguna In Hotel. Disini tidak ada hotel yang tinggi menjulang, hanya ada hotel kecil atau homestay yang rata-rata disediakan oleh penduduk lokal dan listrik setiap hari dimatikan sejak pukul 06.00 pagi dan dinyalakan lagi sore hari sekitar pukul 16.00, tetapi bagi saya tidak masalah karena siang hari kan pastinya aktivitas di pantai atau di laut bukan nongkrong di penginapan. Untuk biaya penginapan yang saya tempati ini saya mengeluarkan Rp.1,1 juta selama 3 hari 2 malam termasuk sarapan dan makan malamnya.
Lokasi penginapan cukup dekat dengan pelabuhan mungkin sekitar 500 m dan tidak lama setelah check in dan naruh carrier, teman saya sudah menginformasikan bahwa sore ini akan diajak snorkeling di spot sekitar Pulau Menjangan, dan tepat pukul 15.00 saya sudah berada di perahu motor untuk menuju lokasi. Sore itu cuaca sangat bersahabat, dan setelah memasang peralatan snorkeling berupa kacamata air dan sirip katak air serta life jacket vest, maka saya nyemplung untuk melihat keindahan bawah air perairan Karimun Jawa, dan memang benar-benar sangat indah! Saat asyik menikmati banyaknya jenis ikan dan terumbu karang dari atas perairan, salah satu diver pemandu menawari saya untuk menyelam lebih dalam sambil memegang terumbu dan melihat ikan lebih dekat lagi, agak grogi juga menerima tawarannya mengingat kemampuan renang yang sangat terbatas, maka dengan sedikit nekat saya melepaskan life jacket dan masuk lebih dalam mendekati terumbu yang ada di dasar laut meskipun tidak terlalu lama…sekali lagi luar biasa pemandangan underwater perairan Karimun Jawa!

Setelah 3 jam snorkeling dan menikmati pemandangan alam di sekitar pulau Menjangan, saya kembali ke penginapan untuk mandi dan beristirahat dan tepat pukul 19.00 saya sudah duduk manis di meja makan penginapan yang berada di sebelah pantai sambil menikmati suasana pelabuhan Karimun Jawa pada malam hari dengan menu makan malam ikan bakar dan seafood lainnya khas makanan kepulauan…wow!

Day 3
Hari Selasa tanggal 18 September 2012 adalah hari kedua saya di Karimun Jawa dan seperti biasa saya awali aktivitas hari ini dengan sarapan nasi goreng yang sudah disiapkan oleh pihak penginapan. Hari ini rencananya akan berkeliling ke beberapa pulau yang ada di kepulauan Karimun Jawa dan kapal motor sudah menunggu di pelabuhan sebelah barat pada pukul 08.00 pagi.
Perjalanan langsung menuju Pulau Cilik untuk snorkeling di perairan sekitarnya, dan pemandangan bawah laut disini juga tidak kalah bagusnya dengan lokasi snorkeling di hari sebelumnya bahkan lebih bervariasi dan sempat melihat ikan badut (clownfish) berada di dalam anemone beracunnya, surgeon fish, carrot fish dan berbagai macam jenis butterfly fish.

Tidak sampai dua jam snorkeling dan berjalan-jalan menikmati pasir putih di pantai pulau Cilik, saya melanjutkan perjalanan ke Pulau Tengah. Pulau Tengah ukurannya agak besar serta ada beberapa penginapan disini, pantai nya bagus dan banyak sekali pohon kelapa. Sambil menjemur baju dan celana yang basah, teman saya asyik membakar ikan laut sebagai menu makan siang hari ini, sangat cocok karena perut sudah kelaparan setelah snorkeling. Suasana yang cukup menyenangkan sekaligus menenangkan, makan siang ikan bakar dan sambal khas penduduk lokal dibawah rindangnya pohon kelapa sambil memandang pantai pasir putih dan ombak yang tenang dan angina sepoi-sepoi yang bikin ngantuk setelah kekenyangan menghabiskan 2 ekor ikan bakar.

Waktu sudah jam 12.00 perjalanan dilanjutkan ke Pulau Cemara Kecil yang memiliki pasir putih yang indah dan snorkeling sebentar untuk mengintip keindahan bawah lautnya. Tidak banyak yang bisa dinikmati di pulau ini karena tidak ada penduduk dan penginapan sehingga setelah berganti baju perjalanan dilanjutkan ke Pulau Gosong. Pulau ini hanya berupa pasir putih tanpa ada tumbuhan yang tumbuh diatasnya, dan pada saat saya berkunjung luas pulau pasir ini mungkin tidak lebih dari luas lapangan bola, dan kemungkinan pulau ini tidak akan kelihatan kalau air laut sedang tinggi. Dan mumpung pulau ini ‘muncul’ saya sempatkan mampir sebentar dan berjalan kaki dari kapal yang berlabuh agak jauh dari bibir pulau dengan air laut setinggi dada berjalan mendekati pulau ini.

Tidak butuh waktu lama untuk menikmati Pulau Gosong, kapal motor langsung mengantar saya ke sisi lain Pulau Karimun Jawa untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yaitu di Pantai Tanjung Gelam. Di pulau ini banyak berjejer penjual makanan dan  pantai nya juga berpasir putih sangat pas untuk tempat bersantai mengakhiri aktivitas hari ini.

Setelah puas menikmati suasana sore hari saya kembali naik perahu motor untuk kembali ke pelabuhan awal di sisi lain pulau Karimun Jawa dan saya juga sempat mampir sebentar di pulau Menjangan Besar. Pulau ini cukup besar dan jaraknya dekat dengan pelabuhan awal di pulau Karimun Jawa dan saling berhadapan. Di pulau ini terdapat kolam penangkaran hiu dan pengunjung boleh untuk berenang bersama hiu, tetapi karena hari sudah sore saya tidak nyemplung lagi ke dalam kolam dan cukup puas melihat kawanan hiu (white tip shark) dari bibir kolam yang sedang dikasih makan oleh pengelola nya. Tidak lama melihat-lihat hiu, saya kembali ke perahu motor untuk kembali ke penginapan dan istirahat karena sudah capek beraktivitas seharian penuh menikmati keindahan perairan di kepulauan Karimun Jawa.

Day 4
Hari ini adalah hari ketiga sekaligus hari terakhir saya di Karimun Jawa dan kapal cepat Express Bahari akan berangkat pukul 10.30, maka setelah sarapan pagi dan berkemas-kemas serta menyelesaikan administrasi dengan pihak penginapan, saya menuju pelabuhan utama untuk naik kapal cepat menuju pelabuhan Kartini di Jepara, perjalanan cukup lancar dan saya sampai di Jepara langsung menuju Homestay Kotabaru untuk kembali menginap semalam karena perjalanan akan saya lanjutkan ke Solo keesokan harinya. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan menikmati surga dunia di Karimun Jawa.